Kegemukan Akibat KB dan Dampaknya

Posted on Minggu, 13 November 2016 by admin


Kegemukan akibat KB menjadi salah satu momok yang cukup ditakuti oleh sebagian wanita. KB merupakan sebuah cara dimana setiap pasangan ingin membatasi kehamilan ataupun ingin menunda mempunyai momongan. Bentuk dari KB memang beragam mulai dari pil KB, suntik KB ataupun memasang perangkat KB dalam tubuh wanita. Akan tetapi ketika menjalani sebuah program kb, dampaknya adalah mengenai berat badan dan bentuk tubuh. Sebagian orang yang memasang KB bisa menimbulkan kegemukan karena ada masalah hormon yang memicu kegemukan tersebut sehingga tidak dapat dikontrol.

Kegemukan Akibat KB dan Dampaknya

Penggunaan KB memang sangat berdampak terhadap berat badan tubuh. Kinerja dari KB ini memang sangat mengganggu hormon dalam tubuh menjadi lebih aktif atau sebaliknya. Gangguan hormon tersebut berdampak kepada kinerja hormon yang tidak stabil. Hal tersebut berlaku bagi setiap jenis KB yang dilakukan. Oleh karena itu, ketika seseorang sedang menjalani KB, tidak heran jika sebagian dari mereka berat badanya meningkat ataupun stabil. Semua itu tergantung dari kondisi tubuh masing-masing
Ketika sedang menjalani KB, terkadang ada wanita yang nafsu makannya meningkat, padahal sebelum menggunakan KB nafsu makannya normal-normal saja. Hal tersebut memang sangat riskan terhadap berat badan tubuh, jika tidak dapat mengontrol nafsu makannya maka kegemukan akibat KB ini tidak dapat dihindari. Nafsu makan meningkat yang disebabkan ketidakstabilan hormon memang harus segera ditangani. Efek dari kegemukan tersebut bisa saja merambat ke hal lain sehingga menimbulkan berbagai macam penyakit.

Kegemukan Akibat dari KB dan Penanggulangannya
Untuk menyiasati hal tersebut, ada baiknya jika wanita yang menjalani KB mengontrol diri. Kontrol diri di sini adalah tetap selalu menjalankan pola hidup sehat. Meskipun nafsu makan tinggi diakibatkan oleh ketidak stabilan hormon, anda harus tetap berpikir jika kegemukan tersebut akan berdampak bahaya terhadap tubuh. Dianjurkan untuk tetap melakukan olahraga dan mengatur pola makan sehingga kegemukan tersebut bisa dihindari.

Makanan yang dianjurkan adalah mengkonsumsi buah dan sayuran secara rutin agar kondisi tubuh tetap terjaga.

Makanan empat sehat lima sempurna harus tetap dijalani serta melakukan olahraga. Wanita yang menggunakan KB juga harus tetap bisa mengatur pola makan agar bentuk tubuh tetap ideal. Kebanyakan dari mereka yang menggunakan KB dan mengalami kegemukan adalah karena tidak bisa mengontrol diri sehingga mereka tidak berfikir tentang masalah kesehatan seperti kegemukan. Seperti telah diketahui efek dari kegemukan ini sangat berbahaya. Pola hidup yang sehat adalah solusi untuk menghilangkan kegemukan akibat KB.

0 Responses to "Kegemukan Akibat KB dan Dampaknya":

AddThis

Bookmark and Share